*Vaksinasi Covid-19 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur klik disini *Hari Nelayan Nasional klik disini *Jam Kerja Bulan Ramadhan Th. 2021 klik disini

KEGIATAN PENYADARTAHUAN MITIGASI BE… - Dinas Kelautan dan Perikanan Prov.Kaltim

KEGIATAN PENYADARTAHUAN MITIGASI BENCANA DAN PERUBAHAN IKLIM DI WILAYAH PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL

  Thursday, 01-04-2021   03:31   wulan

Berau, Kec. Biduk-biduk 29 Maret 2021.Wilayah pesisir, perairan dan gugusan pulau-pulaukecil yang terdapat di Kabupaten Berau kaya akan sumberdaya alam dengan keanekargaman hayati yang cukup tinggi, ini merupakan peran penting bagi keberlanjutan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,untuk itu wilayah pesisir Berau memerlukan pelestarian,perlindungan wilayah pesisir  dan pencegahan terhadap adanya ancaman-ancaman seperti gempa, abrasi dan perubahan garis pantai.

Untuk mewujudkan pelestarian, perlindungan daerah pesisir  dan pencegahan terhadap ancaman-ancaman gempa, abrasi dan perubahan garis pantai tersebut masyarakat wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil harus sadar, mandiri dan aktif berperan serta dalam upaya mitigasi bencana dan perubahan iklim,untuk itulah perlunya penyadartahuan atau penyampaian informasi kepada masyarakat pesisir apa saja yang dapat dilakukan terkait berbagai upaya atau tindakan penanggulangan dampak bencana yang disandang pulau kecil dan wilayah pesisir, seperti tanggap darurat, pemulihan, penguatan dan penyiapan agar masyarakat dapat mencegah dan tangguh menerima dampak kejadian ekstrem. Seperti memberikan pengetahuan/pemahaman kepada masyarakat tentang pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan misalnya secara teknis pemahaman tentang perbaikan dan pemeliharaan/penanaman green belt (mangrove, terumbu karang) dalam membentengi pesisir dan pulau dari bahaya bencana yang datang, dengan kata lain diharapkan masyarakat berau khususnya masyarakat pesisir Biduk-Biduk dapat tanggap sebelum bencana.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Biduk-biduk ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kaltim Bapak Ir. H. Riza Indra Riadi, M. Si, serta Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kaltim Bapak H. Irhan Hukamidy, S. Pi, MP, dengan Narasumber Bapak Camat Biduk-Biduk Bapak Abdul Malik, Bapak Barnard Ceisaro Purba dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bapak Dedy Harianto dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Berau, Bapak Budiono dari Dinas Perikanan Berau dan para peserta dari stakeholder terkait.

Aplikasi Kelautan dan Perikanan
Berita Populer
Visitor Counter
Total Visitor
Hari Ini
Pengunjung Online
DKP Prov. Kaltim