*Vaksinasi Covid-19 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur klik disini *Hari Nelayan Nasional klik disini *Jam Kerja Bulan Ramadhan Th. 2021 klik disini

KEGIATAN USAHA PRODUKSI DAN PENGOLA… - Dinas Kelautan dan Perikanan Prov.Kaltim

KEGIATAN USAHA PRODUKSI DAN PENGOLAHAN GARAM DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

  Thursday, 01-04-2021   03:11   wulan

MUARA BADAK - Dalam rangka mendukung produksi garam di Kalimantan Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Timur pada Senin, 29 Maret 2021 menyelenggarakan kegiatan Usaha Produksi dan Pengolahan Garam di Kab. Kutai Kartanegara.

Peserta terdiri dari pembudidaya/kelompok usaha garam, pemerhati lingkungan, Pokmaswas, dan Penyuluh Perikanan. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Reklamasi dan Jasa Kelautan yang pelaksanaannya diketuai oleh Vito Yuwono. Bertempat di UPTD. Sentral Pembenihan Air Payau dan Air Laut Sebulu Satker Muara Badak, kegiatan secara resmi dibuka oleh M. Ali Aripe, Kabid Pengelolaan Ruang Laut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Timur.

“Meskipun produksi garam di Kalimantan Timur belum masuk ke dalam skala prioritas nasional, akan tetapi Kutai Kartanegara khususnya di Desa Kersik sudah memiliki potensi, oleh karena itu kita coba gali dengan pendampingan dan pelatihan seperti ini untuk meningkatkan SDM,” paparnya.

Acara dilanjutkan keesokan harinya, Selasa (30/03/2021) Puguh Harjanto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Prov. Kaltim menyampaikan materi tentang Mekanisme dan Alur Perizinan Melalui OSS untuk Proses Izin Lokasi Perairan dan Pengelolaan di Ruang Laut. Kemudian penyampaian materi dilanjutkan oleh Burhan Kurniawan dari Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kaltim dan Sabar Handoyo dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kutai Kartanegara.

Selanjutnya peserta dibimbing oleh Jemisra, instruktur Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal untuk praktek cara mengecek kandungan yodium pada garam yang telah diproduksi sehingga layak konsumsi. Sebagai penutup peserta dibawa menuju Pantai Biru Desa Kersik untuk melihat lokasi tunnel garam.

 Sekretaris Desa Kersik mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Usaha Produksi dan Pengolahan Garam ini. “Semoga kedepannya dapat dibangun kesinambungan antara pemerintah dan pelaku usaha agar usaha garam dapat semakin maju,” ungkapnya.

Aplikasi Kelautan dan Perikanan
Berita Populer
Visitor Counter
Total Visitor
Hari Ini
Pengunjung Online
DKP Prov. Kaltim