*Vaksinasi Covid-19 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur klik disini *Hari Nelayan Nasional klik disini *Jam Kerja Bulan Ramadhan Th. 2021 klik disini

VALIDASI DATA STATISTIK PERIKANAN B… - Dinas Kelautan dan Perikanan Prov.Kaltim

VALIDASI DATA STATISTIK PERIKANAN BUDIDAYA TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

  Tuesday, 23-03-2021   12:05   alvi

Balikpapan, 22-25 Maret 2021

Dalam rangka percepatan sistem produksi perikanan nasional, sistem perbenihan perikanan budidaya secara nasional memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan induk dan benih ikan unggul serta bibit rumput laut bermutu. Untuk mengevaluasi pelaksanaan sistem perbenihan nasional tersebut, diperlukan informasi dan data perbenihan yang akurat, cepat dan terkini yang akan menjadi bahan masukan dalam rangka pengembalian kebijakan lebih lanjut.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka peranan informasi dan data Pembesaran pembenihan menjadi sangat penting disajikan dan dipublikasikan. Sistem pendataan pembesaran dan pembenihan yang lebih dikenal dengan istilah statistik Perikanan Budidaya ini merupakan teknik mengumpulkan data, menyajikan data, menganalisis data dan mengambil keputusan berdasarkan data statistik yang berhasil dihimpun, dimana data yang merupakan produk akhir dari suatu proses statistik tersebut akan disajikan serta dipublikasikan melalui buku statistik perikanan budidaya.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Perikanan Budidaya dan Penguatan Daya Saing Produk Perikanan telah melakukan Kegiatan Validasi Data Statistik yang diselenggarakan di Balikpapan pada tanggal 22 - 25 Maret 2021 di Hotel Horison Sagita dan diikuti oleh Petugas Statistik Perikanan Budidaya 6 (enam) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur atau yang mewakili.

Terselenggaranya acara validasi data statistik menindaklanjuti PERMEN KP Nomor: 67/permen-kp/2017, tentang Satu Data Kelautan dan Perikanan dan KEPMEN KP Nomor : 30/men/2013, tentang Penyelenggaraan data, statistik dan informasi kelautan dan perikanan. 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kaltim Ir. H. Riza Indra Riadi, M. Si dan didampingi Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Kasi Perikanan Budidaya dan Narasumber DJPB Kementrian Kelautan dan Perikanan RI Sub Koordinator Data Bayu Aji, S. Si, M. Si. 

Validasi data statistik dilaksanakan sebagai bentuk persamaan persepsi data antara kab/kota, provinsi hingga pusat. Selain itu kegiatan Validasi Data Statistik Perikanan Budidaya ini untuk mencari permasalahan dan kendala yang selama ini dihadapi selama melakukan pengumpulan data, memecahkan masalah yang dapat menghambat terkumpulnya data dari Kab/Kota, serta meningkatkan wawasan tentang pengelolaan data statistik.

Link video Kegiatan Validasi Data Statistik Perikanan Budidaya Tahun 2021

https://www.youtube.com/watch?v=-y17tWUdGh8 


Aplikasi Kelautan dan Perikanan
Berita Populer
Visitor Counter
Total Visitor
Hari Ini
Pengunjung Online
DKP Prov. Kaltim