*Vaksinasi Covid-19 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur klik disini *Hari Nelayan Nasional klik disini *Jam Kerja Bulan Ramadhan Th. 2021 klik disini

Studi Teknis ke Balai Perikanan Bud… - Dinas Kelautan dan Perikanan Prov.Kaltim

Studi Teknis ke Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin

  Wednesday, 14-04-2021   12:56   alvi

Mandiangin, 09 April 2021

Kerusakan lingkungan pada daerah aliran sungai yang memicu terjadi kekeruhan, pendangkalan dan penyempitan perairan merupakan ancaman yang nyata terhadap kelestarian populasi ikan, khususnya ikan-ikan air tawar di sungai  dan  danau. Sementara itu, upaya untuk membenihkan dan membudidayakan spesies - spesies lokal hampir tidak pernah dilakukan. Ikan-ikan eksotik seperti ikan mas, nila, patin, dan lele yang dibudidayakan dan yang saat ini berkembang di masyarakat merupakan ikan introduksi dari luar Kalimantan Timur. Budidaya ikan lokal yaitu ikan gabus dan betutu sejak tahun 1980an telah dikembangkan di daerah Jempang, Muara Muntai dan Kota Bangun, tetapi masih terbatas hanya pada pembesaran. Upaya pembenihan ikan-ikan lokal asli Kalimantan Timur perlu dikembangkan dalam rangka mendukung usaha budidaya dan untuk menjaga kelestarian stoknya di alam.

Berdasarkan pemikiran di atas, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Kalimantan Timur memandang perlunya menjalin kerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman (FPIK-UNMUL) untuk mewujudkan tujuan dimaksud. DKP memiliki potensi finasial untuk mendukung kegiatan, sementara FPIK UNMUL memiliki fasilitas, sumberdaya manusia dan kepakaran. Adapaun kegiatan yang dimaksud adalah pengembangan pembenihan Ikan Lokal Air Tawar Kalimantan Timur (Universitas Mulawarman).

Kegiatan Studi Teknis dilaksanakan pada tanggal 08 - 10 April 2021 di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, Kalimantan Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pengembangan Pembenihan Ikan Lokal Air Tawar Kalimantan Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalimantan Timur, Kabid Perikanan Budidaya dan Penguatan Daya Saing Produk Perikanan, Kasi Perikanan Budidaya beserta staf Perikanan Budidaya. Selain itu kegiatan ini diikuti pula oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Mulawarman (UNMUL) dan staf dari FPIK UNMUL.

Kegiatan Studi Teknis di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta studi teknis agar mampu mengembangkan pembenihan spesies lokal ikan air tawar yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.

Beberapa spesies ikan lokal yang bisa dipelajari saat kunjungan ke Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin seperti ikan haruan (gabus), ikan papuyu (betok), ikan belida, dan ikan jelawat. Dari persiapan induk, pemijahan, hingga tahap pembesaran.

Link Video Kegiatan Studi Teknis di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin

https://www.youtube.com/watch?v=-Pb4LkCYJsU 


Aplikasi Kelautan dan Perikanan
Berita Populer
Visitor Counter
Total Visitor
Hari Ini
Pengunjung Online
DKP Prov. Kaltim