*Vaksinasi Covid-19 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur klik disini *Hari Nelayan Nasional klik disini *Jam Kerja Bulan Ramadhan Th. 2021 klik disini

Pemantauan Bagan Perairan PPU - Dinas Kelautan dan Perikanan Prov.Kaltim

Pemantauan Bagan Perairan PPU

  Thursday, 15-04-2021   09:18   sisca

Giat Pemantauan Terpadu pada hari Minggu Tanggal 11 April 2021, di Perairan PPU.

PSDKP DKP Prov bersama Instansi terkait : 

  1. Kepala Dinas Perikanan Kab. Penajam Paser Utara (Bapak Andi Traso)
  2. Lurah Waru (Bapak Zulfahmi) - Penajam Paser Utara
  3. Anggota Pos AL Penajam (Marthen dan San Miguel)
  4. Satwas PSDKP Balikpapan (Nanda Otremoles)

Menindaklanjuti hasil rapat dan tindak lanjut perselisihan nelayan Bagan Rambo dari Manggar - BPN dan nelayan Purse seine dari Waru - PPU, maka tim hari ini turun ke laut yang diduga tempat terjadinya konflik, sebagai berikut :

  1. Hasil pemantauan yaitu ditemukan 2 (dua) Kapal Bagan Rambo yang sedang labuh jangkar di lokasi, dan dari keterangan nelayan tersebut mereka melakukan penangkapan ikan di daerah tersebut pada malam hari. Hasil pemeriksaan Kapal Bagan rambo milik H. Galale dari Manggar-Balikpapan, tidak mempunyai surat izin baik dari perhubungan maupun izin perikanan. Jumlah lampu 100 buah, dengan masing2 lampu 400 watt. 
  2. Hasil analisa di lapangan Titik lokasi daerah penangkapan bagan rambo berada di 5,5 mil dari darat dan telah melanggar lokasi yang telah disepakati sebelumnya oleh kedua pihak.
  3. Pengawas Perikanan bersama tim pemantauan memberikan peringatan kepada nelayan bagan rambo untuk tidak melakukan penangkapan di lokasi tersebut dan juga mengarahkan nelayan untuk segera mengurus perizinan.
  4. Diinformasikan juga bahwa dari hasil giat operasi oleh Polair Polda Kaltim tgl 10 April 2021 malam hari telah melakukan penangkapan thdp ABK Bagan Rambo nelayan Manggar dan diproses lebih lanjut.
  5. Koordinasi dgn Stasiun PSDKP Tarakan melalui Satwas PSDKP Balikpapan, untuk menggerakkan Kapal Pengawas Hiu 07 yg diarahkan ke perairan PPU dan BPN dlm waktu dekat.

Demikian disampaikan,  mohon  arahan dan tidak lupa kami ucapkan terima kasih.


Aplikasi Kelautan dan Perikanan
Berita Populer
Visitor Counter
Total Visitor
Hari Ini
Pengunjung Online
DKP Prov. Kaltim